INFO

SELAMAT DATANG DI HALAMAN INI. SAMPAIKAN KRITIK DAN SARAN UNTUK KAMI. SELAMAT BELAJAR DAN TETAP JAGA PROTOKOL KESEHATAN. (Atmojo Prayogo W., S.Pd. Gr.)

PERMAINAN OLAHRAGA (Pengantar)

Pada materi kali ini, kita akan mempelajari jenis-jenis permainan dalam olahraga.

Permainan dalam olahraga addalah aktivitas berolahraga dengan menerapkan aturan-aturan baku sebagai pedoman dalam pelaksanaannya yang dimainkan oleh lebih dari satu orang. Secara umum, permainan dalam olahraga dapat dibagi menjadi tiga: permainan bola besar, permainan bola kecil dan permainan tradisional. Secara umum perbedaan mencolok pada ketiga jenis permainan tersebut adalah pada alat yang digunakan, dimana permainan bola besar menggunakan bola atau obyek berukuran besar, permainan bola kecil menggunakan bola atau obyek berukuran relatif lebih kecil dan permainan tradisional tidak menggunakan alat khusus atau dengan kata lain hanya menggunakan alat sederhana untuk memainkannya.

A. Permainan Bola Besar
Permainan bola besar adalah salah satu cabang permainan olahraga yang paling banyak digemari untuk dimainkan oleh semua kalangan khususnya para penggemar kegiatan olahraga karena permainan bola besar cenderung membutuhkan energi cukup banyak saat melakukannya untuk dapat mencapai hasil maksimal dan mencapat tujuan bermainnya. Apa saja olahraga yang termasuk dalam permainan bola besar? berikut penjelasan singkatnya.

1. Sepak Bola
Sepak bola adalah olahraga paling populer di dunia. Sepak bola dimainkan oleh beberapa pemain dan umumnya dilakukan di lapangan rumput terbuka berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang 100-120 meter dan lebar 50-70 meter.
Sepak bola dimainkan oleh dua tim yang saling berlawanan dengan jumlah pemain inti setiap tim nya adalah 11 orang dengan beberapa pemain cadangan. Durasi permainan sepak bola adalah dua babak bermain, dengan setiap babaknya selama 45 menit jadi lama waktu bermain bersih selama 90 menit. Sepak bola dipimpin oleh empat orang wasit yaitu satu wasit utama di dalam lapangan, dua orang asisten wasit yang berada di samping kanan dan kiri lapangan (biasanya disebut hakim garis) dan satu wasit cadangan di luar lapangan.

2. Bola Basket
Sama seperti halnya sepak bola, permainan bola basket juga dimainkan beregu atau dimainkan oleh beberapa pemain. Beda dengan sepak bola, bola basket dimainkan dengan tangan. Jumlah pemain inti dan 5 orang pemain cadangan. Lapangan permainan juga berbentuk persegi panjang dengan dimensi luas: panjang 28,5 meter dan lebar 15 meter. Durasi waktu bermain bola basket adalah 4 x 10 menit dengan waktu istirahat antar babaknya selama 10 menit.

3. Bola Voli
Jika sepak bola dimainkan dengan kaki, permainan bola voli dimainkan dengan tangan seperti halnya bola basket. Permainan bola voli dimainkan oleh dua tim saling berlawanan dengan jumlah pemain 6 orang masing-masing tim. Permainan bola voli dimainkan di lapangan berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang 18 meter dan lebar 9 meter.
Berbeda dengan sepak bola dan bola basket yang menggunakan batas waktu dalam setiap babaknya, permainan bola voli ini ditentukan dengan tim yang lebih dulu mencapai poin 25 sebagai pemenangnya di setiap babak.

4. Futsal
Olahraga futsal hampir sama dengan sepak bola terutama cara bermainnya. Hal yang membedakan dengan sepak bola adalah pada ukuran lapangan yang lebih kecil dan jumlah pemain yang lebih sedikit. Jumlah pemain futsal dalam satu tim adalah 5 orang pemain dan lapangan yang digunakan berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang 25-43 meter dan lebar 15-25 meter. Lama waktu bermainnya pun juga lebih singkat yaitu 2 x 20 menit dengan waktu istirahat 10 menit.

B. Permainan Bola Kecil
Permainan bola kecil adalah salah satu cabang permainan olahraga yang memanfaatkan bola berukuran relatif kecil untuk alat bermain. Karena menggunakan bola kecil, jenis-jenis permainan bola kecil rata-rata dimainkan dengan teknik pukulan.

1. Tenis
Permainan tenis dimainkan dengan menggunakan bola kecil dan raket. Permainan ini bisa dilakukan dengan cara tunggal ataupun ganda. Lapangan tenis berbentuk persegi panjang dengan pembatas tengahnya menggunakan net.

2. Tenis Meja
Memiliki nama yang hampir sama dengan tenis, tenis meja disebut juga ping-pong. Permainan tenis meja dimainkan dengan bola plastik kecil dan alat pemukulnya adalah bet. Bermain tenis meja dilakukan tidak di lapangan namun di atas arena berbentuk meja persegi panjang dengan net sebagai batas tengahnya. Permainan tenis meja juga dapat dimainkan dengan cara tunggal dan ganda.

3. Bulu Tangkis
Bulu tangkis atau dengan nama lain Badminton adalah permainan bola kecil yang dilakukan oleh dua pemain saling berlawanan. Dapat dilakukan dengan cara tunggal atau ganda. Alat utama yang digunakan untuk bermain bulu tangkis adalah shuttlecock dan raket. Bulu tangkis dimainkan pada lapangan berbentuk persegi panjang dan pada tengah lapangan dibatasi net.




Post a Comment

0 Comments