INFO

SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA RAMADAN 1441 H. II TETAP DI RUMAH SAJA, SELALU PAKAI MASKER DAN RUTIN CUCI TANGAN DENGAN SABUN

ATLETIK (pengantar)

Assalamualaikum warahmatullah,
Salam olahraga!

Kesempatan kali ini akan kami sampaikan materi mengenai induknya olahraga yaitu Atletik.
Dengan materi ringkas ini diharapkan kita mampu mengetahui serba-serbi Atletik.



A. Pengertian Atletik


Istilah atletik yang kita kenal sekarang ini berasal dari beberapa sumber antara lain bersumber dari bahasa Yunani,yaitu “athlon” yang mempunyai pengertian berlomba atau bertanding. Misalnya ada istilah pentathlon atau decathlon. Istilah lain yang menggunakan atletik adalah athletics (bahasa Inggris), athletiek (bahasa Belanda), athletique (bahasa Perancis) atau athletik (bahasa Jerman). Istilahnya mirip sama, namun artinya berbeda dengan arti atletik di Indonesia, yang berarti olahraga yang memperlombakan nomor-nomor : jalan, lari, lompat dan lempar.

B. SEJARAH ATLETIK

Tahukah kamu?
Atletik yang kita kenal sekarang ini merupakan cabang olahraga yang paling tua di dunia. Berbagai gerak dasar yang terkandung dalam atletik sudah dilakukan sejak adanya peradaban manusia di muka bumi ini. Hal ini dapat diketahui dari upaya manusia di jaman purba untuk bertahan hidup dengan melakukan berbagai ketangkasan seperti: memanjat pohon,berlari secepat-cepatnya serta terampil dalam melempar atau melompat untuk mendapatkan buruannya atau menghindar dari sergapan binatang buas. Gerakagerakan tersebut merupakan cikal bakal gerakan atletik yang ada sekarang ini.
Menurut seorang pujangga Yunani bernama Humeros dalam bukunya berjudul Illiad, diperkirakan kegiatan atletik sudah dilakukan tahun1100SM, tercatat nama seorang Odysseus. Odysseus saat itu disebut sebagai jago lempar cakram yang belum terkalahkan lemparannya. Sehingga gambar Odysseus dengan cakramnya sempat diabadikan sebagai simbol atletik sebelum akhirnya diganti. Terdapat juga nama-nama lain seperti nama-nama seperti Eurialus, Epius, Aias dan Argamenon. Mereka disebut sebagai jago-jago lomba berkuda,lari dan lempar lembing.

C. NOMOR ATLETIK

Atletik terdiri dari nomor-nomor yang dilakukan di lintasan lari (track) dan di lapangan (field). Nomor-nomor yang dilakukan di lintasan terdiri dari nomor jalan dan lari (jarak pendek, jarak menengah, jarak jauh, halang rintang dan estafet). Nomor-nomor lapangan terdiri dari nomor lempar dan tolak. Nomor lempar terdiri dari nomor lempar lembing, lempar cakram, lontar martil dan tolak peluru. Nomor lompat terdiri dari lompat jauh, lompat jangkit, lompat tinggi dan lompat galah.

D. INDUK ORGANISASI

Induk organisasi olahraga Atletik Internasional adalah IAAF ( International Association of Athletics Federation ). Sedangkan induk organisasi olahraga Atletik di Indonesia adalah PASI ( Persatuan Atletik Seluruh Indonesia ).

Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai setiap cabang dan nomor dari atletik, yuk buka setiap halaman di bawah ini:







Post a Comment

0 Comments